Kamis, 28 April 2011

BUNYIKAN KLAKSON SEKUAT-KUATNYA

BUNYIKAN KLAKSON SEKUAT-KUATNYA

 

BUNYIKAN KLAKSON SEKUAT-KUATNYA
( artikel disadur dan di edit kembali oleh : HSA Kedua/ANTONI GONDOKARYONO )
Bunyikan klakson sekuat-kuatnya saat mesin kendaraan mati di atas rel KA .
Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.



Seminggu kemarin,pagi- pagi,saat berangkat kerja seperti biasanya tugas luar kira-kira jam 10.10 lewat ke arah Slipi lewat kolong jembatan, saya sendiri, tetapi saya bertemu mobil teman saya di depan gedung Kompas Gramedia dan saat melewati kolong jembatan Slipi,saya menjumpai mobil teman saya melewati rel kereta api. Eh. saat melintas,mesin mobilnya tiba-tiba mati,sudah mau melintas rel ketika itu,tepatnya,mereka bertiga yang ada di dalam panik,teman saya ,istrinya dan adik ipar teman saya,sayup sayup terdengar bunyi tut tut tut tut tut njuus njusss njussss...

Ternyata ada kereta api mau lewat. Saya tengok ke kanan, kereta sudah tampak kelihatan, walaupun masih jauh. Petugasnya terlambat membunyikan sirene.

Berdasarkan pengalaman, saya beritahu mereka,khususnya teman saya untuk refleks membunyikan klakson, kebetulan di depan tidak ada mobil...benar-benar kosong di depan mereka. Dan posisi saya di belakang mereka,dan ingin membantu mereka bertiga. Setelah saya parkirkan motor saya ,pinggir dekat trotoar.

Di dalam mobil saya minta mereka untuk berusaha santai dan tenang.,saya minta teman saya membunyikan klakson terus-menerus,tak perlu tanya lagi mengapa atau kenapa.

Eh.tiba-tiba tape mobil mobil teman saya menyala. Mereka kaget, kok bisa ya nyala sendiri???

Saya teringat kejadian 2 tahun lalu, saat om dan tante saya terjebak di atas
rel kereta api di Klaten,DI Yogyakarta.  Mobil mereka tiba-tiba berhenti mendadak,
tidak bisa dihidupkan. Mereka panik dan refleks aja om saya tekan klakson mobil
berkali-kali dan waktu om saya coba starter lagi eh....mesin mobil hidup lagi
dan saat itu kereta api udah benar-benar mendekat, semua orang di sekitar
sudah pada berteriak, "keluar....keluar....keluar,keluar!!!!"..Keluar !!" ....,tapi akhirnya selamat.!


Saya teringat ketika saya sekolah ,dan saya pernah baca buku
ternyata rel kereta api dapat menghantarkan listrik dan magnet yang sangat
tinggi akibat gesekan yang terus menerus,dan medan magnet itu bisa tersimpan
selama 3 jam, bayangkan kalo kereta berlalu lalang setiap 5/10 menit,berapa
medan magnet yang di simpan rel itu..?
Dan akibatnya yaitu membuat mesin mobil atau sepeda motor bisa mati mendadak..jika kita terlalu lama di atas rel/medan magnet itu.


Akan tetapi itu bisa diatasi dengan bunyi yang tinggi seperti klakson dan
ternyata memang berhasil memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet di
sekitarnya.


Teman-teman tolong sebarkan info ini ya.karena banyak ditemui kecelakaan
kereta api versus mobil atau motor karena kendaraan mati mendadak di tengah rel KA!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar